Senin, 12 Desember 2011

Perlengkapan Bertahan Hidup


Fire & light


Korek gas, korek minyak, firesteel, korek kayu waterproof, tablet parafin, fire stick, fire pasta


lilin, lightstick, senter, headlamp


kaca pembesar

Otak merupakan alat survival paling penting, termasuk juga pengalaman2, pengetahuan dan pengambilan keputusan yang tepat dalam segala kondisi survival. Meskipun basic skill dalam survival sangat diperlukan, tetapi juga dibutuhkan basic equipment untuk membantu dalam bertahan hidup di kondisi darurat.

Survival kit haruslah terus dibawa secara personal. Baik dari yang ukuran small sampai large, ataupun yang bisa disimpan dalam saku sampai dalam tas besar. Survival kit tidak akan berguna jika tidak ada/melekat pada diri seseorang. Jadi, kemanapun dan kapanpun pada saat melakukan kegiatan outdoor, survival kit terus menemani.

Oleh karena itu, sudah saatnya kita mulai membangun satu set survival kit berdasarkan ketersediaan komponen/gear yang dibutuhkan dan tentunya tersedia di sekitar kita.

Dan diharapkan disini bisa jadi ajang tukar informasi berbagai komponen/gear survival atau satu set survival kit yang dimiliki plus informasi penggunaannya.
Korek api merupakan komponen paling penting dalan survival kit. Lebih baik jika korek api yang digunakan mempunyai spesifikasi windproof dan waterproof. Waterproof bisa berarti masih bisa dinyalakan dalam keadaan basah dan bisa berarti pula tidak gampang basah atau terkena air (keep dry). Korek api pun ada amacam-macam. Dalam survival kit, minimal ada dua macam korek api/matches/lighter seperti di bawah ini.

1.Korek api Kayu (dengan atau tanpa striker)



2. Korek api kayu (basah masih bisa menyala atau tidak mudah basah) 







Korek api windproof bisa diartikan dapat dinyalakan apinya meskipun sedang ada angin kencang. Biasanya berbahan bakar butane kecuali zippo lighter standard yang menggunakan bahan bakar zippo fluid/napta.

3. Stormproof/Windproof lighter




Korek api gas (disposable) merupakan pilihan yang paling gampang dan murah. Untuk korek api gas yang menggunakan batu api (flint), masih bisa digunakan sebagai flint sparker jika gasnya sudah habis, tidak seperti korek api dengan piezo spark.

Dalam membuat api, sebuah Flint dengan Steel Striker nya, merupakan keharusan dalam sebuah survival kit, dikarenakan fungsinya yang dapat menghasilkan Spak berkali-kali dan dapat digunakan dalam keadaan dingin dan basah.

Light My Fire Scout Fire Steel, Light My Fire Mini Fire Steel, Boy Scouts of America Hot-Spark, Ultimate Survival Technologies BlastMatch Fire Starter

Sama seperti Flint, maka Magnesium Fire Starter dilengkapi dengan batangan magnesium. batangan magnesium ini bisa dikerok sebagian kecil yang dapat meghasilkan api dengan bantuan spark dari gesekan Striker dengan Flint Rod nya. 

0 komentar:

Posting Komentar