NAVIGASI DARAT

Suatu ketika mungkin kita berada di daerah yang asing. Mungkin di gunung, lembah, bukit, hutan, bahkan di laut. Sedangkan kita harus tetap berjalan. Lalu bagaimanakah kita akan memulai perjalanan kita? Dalam kondisi seperti itu,  ilmu navigasi akan sangat berguna bagi kita.

Navigasi sebagai pendukung materi survival ini bisa diartikan sebagai suatu proses menentukan posisi kita maupun orang atau tempat lain dan menentukan lintasan perjalanan agar bisa sampai tujuan dengan tepat dan benar dengan menggunakan sarana apapun. Istilah navigasi sendiri biasanya lebih banyak dikenal dalam kegiatan pelayaran atau penerbangan yang dianggap sebagian orang adalah ilmu yang sarat dengan teknologi canggih dan sulit dipelajari.

Ilmu navigasi darat biasa dipakai tni angkatan darat ini sebenarnya sudah banyak digunakan, bukan hanya dalam perjalanan di era modern, bahkan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Penduduk pedalaman yang sering melakukan perburuan, mereka pergi jauh ke tengah hutan belantara, gunung, lembah,dan bukit, tetapi mereka dapat kembali ke kampung halamannya dengan baik.

Nenek moyang kita juga sering melakukan perjalanan dengan perahu layar mengarungi samudera luas, tetapi pada akhirnya mereka juga bisa kembali ke kampung halamannya dengan selamat. Ini membuktikan bahwa ilmu navigasi sebenarnya tidaklah sulit untuk dipelajari. Intinya adalah pengalaman dan ketelitian kita sendiri.

Materi navigasi darat dalam ilmu dasar navigasi menuntut dan melatih kemampuan kita untuk membaca, menganalisa, dan merekam kondisi alam sekitar kita. Untuk mempermudah menerapkan ilmu navigasi dengan baik, kita bisa menggunakan peralatan pendukung navigasi tersebut. Salah satunya adalah kompas dan peta topografi sebagai alat utama dalam ilmu navigasi sederhana di darat, laut, dan udara.

Navigasi darat adalah sebuah teknik untuk menentukan kedudukan dan arah perjalanan berdasarkan kondisi dan ciri fisik lingkungan serta bentuk permukaan bumi untuk memperjelas gambaran daerah yang sedang dan akan kita lewati secara akurat. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini sudah tersedia banyak fasilitas pendukung navigasi, seperti peta satelit, peta topografi, dan peralatan navigasi canggih dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Salah satu layanan navigasi net adalah google map dan google eart  yang merupakan software peta online dalam bentuk peta satelit tercanggih saat ini. Google eart  bisa menjangkau suatu daerah dengan menyajikan tampilan visual dalam bentuk peta dan foto satelit. Kemampuannya dalam menampilkan hasil foto satelit sangat bagus, dapat memotret daerah di permukaan bumi dengan perbesaran yang tinggi. Anda bisa download google earth free dan download google maps untuk bisa menikmati layanan navigasi google ini.

Dengan memperlajari ilmu navigasi maka kita tidak khawatir melakukan perjalanan di manapun. Karena ilmu adalah Cahaya yang menjadi pedoman kita di manapun :)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fanpage UA. Rescue

Arsip