Find Us OIn Facebook

UAR Kirim Tim Ke Lumajang

"Selamat jalan dan selamat bertugas bagi rekan-rekan UAR dari Korwil Jawa Tengah (Surabaya), semoga Allah berikan keselamatan, kesehatan, dan keamanan selama bertugas sampai kembali ke keluarga, Aamiin." (FB Resmi UKhuwah Al Fatah Rescue)

"Luruskan niat, jaga kesehatan dan kemanan selama menjalankan amal sholeh". Tulis admin.

Hari kemarin Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12) pukul 13.00 WIB, mengakibatkan lumpur tebal yang menghambat proses evakuasi warga.

“Evakuasi lamban karena mobil tidak bisa masuk ke lokasi, dikarenakan lumpur itu setinggi hampir sampai lutut kaki,” kata Wakil Bupati (Wabup) Lumajang Indah Amperawati dalam konferensi pers perkembangan pasca-erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12), demikian keterangan yang diterima MINA.

Indah Amperawati mengatakan, salah satu yang menjadi kendala adalah, salah satu jembatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, yakni Jembatan Gladak Perak terputus, akibat terjangan material erupsi Semeru.

Ia menjelaskan selanjunta, di Curah Kobokan ada satu warga yang meninggal dunia. Korban meninggal dunia dievakuasi dan dibawa oleh mobil ambulance.
 
“Ada sekitar 41 warga yang terluka (luka bakar) telah dibawa ke Puskesmas Penanggal. Untuk warga yang luka bakarnya parah dirujuk ke Rumah Sakit Umum dokter Haryoto, RS Bhayangkara dan RS Pasirian,” kata Indah.

“Sementara di Puskesmas Candipuro ada sekitar tujuh orang yang sedang di rawat. Sedangkan di Puskesmas Penanggal tersisa kurang lebih 10 orang, dan ada ibu hamil 2 orang,” sambungnya.

Menurut dia, untuk di daerah Curah Kobokan ada sekitar 300 KK yang sebagian besar sudah mengungsi. Terakhir sekitar satu jam lalu ada sekitar 10 orang yang masih belum bisa di evakuasi, karena lokasinya agak sulit.

Proses evakuasi warga dibantu oleh komunitas jeep. Ia berharap 10 orang warga tersebut segera evakuasi.

Ia juga  berharap agar BPBD dan Dinas Sosial Malang bisa membuka posko pengungsian dan dapur umum untuk melayani warga di sejumlah desa di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

“Karena tidak memungkinkan kami ke sana akibat jembatan yang putus. Dan banyak juga pohon-pohon yang tumbang mengakibatkan jalan nasional menuju arah Malang juga terhambat,” jelas dia. (Mina News)

Gunung Semeru

Gunung Semeru ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB mengeluarkan awan panas guguran yang membuat warga sekitar berhamburan menyelamatkan diri.

Sampai dengan postingan ini dibuat, Korban Tewas Erupsi Gunung Semeru Capai 13 Orang. Saat ini Kita masih terus memantau informasi update selanjutnya.

Video Detik-Detik Erupsi Semeru

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama