UAR Korwil Lampung Gelar Apel Siaga Bencana


Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Korwil Lampung menggelar Apel Siaga Bencana di komplek Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung, Rabu (8/12), dalam mengantisipasi bencana yang terjadi pasca erupsi Gunung Semeru waktu lalu.

Apel tersebut diikuti oleh perwakilan Korda-korda UAR se-Lampung dipimpin Pembina UAR Wilayah Lampung, Waliyul Imaam, Abdullah Muthalib.

“Visi UAR ini menjadi Rescue terbaik yang mampu bersinergi dengan lingkungan masyarakat untuk menyelamatkan sesama untuk segala bencana,” ujar Abdullah sebagai inspektur upacara.

Sementara Ketua UAR Korwil Lampung, Sulaiman Abdullah dalam arahan kepada pengurus Korda se-Wilayah Lampung usai Apel Siaga Bencana yang diikuti sekitar 40 peserta ini menekankan kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana yang akan terjadi.

“Teman-teman UAR Surabaya sudah bergerak ke lokasi bencana Semeru, kita standby jika diperlukan untuk back up, selain itu kita juga perlu siaga di wilayah kerja kita, mudah-mudahan tidak terjadi, tapi bagaimanapun kita perlu siap siaga diterjunkan di daerah bencana,” katanya.

Pasca Semeru ini, kata Sulaiman, beberapa bencana juga terjadi di tempat lain, termasuk puting beliung di Lampung Timur yang teman-teman UAR Korda Lampung Timur turun membantu perbaikan rumah terdampak.

Karenanya, Sulaiman menekankan kesiapan personil dalam menghadapi bencana yang akan terjadi. “Perlengkapan sudah siap di tas, kapanpun komando datang, kita siap berangkat,” katanya.

Sebab, menurut Sulaiman, kemampuan menghadapi bencana ini tidak bisa ditangani oleh pemerintah sendiri.

“Disinilah peran UAR, menghadapi bencana ini bukan hanya tugas pemerintah dalam hal ini Basarnas, aparat, dan lain-lain, kita juga punya kewajiban yang sama, kita bisa ambil peran ini,” katanya.

UAR memiliki lebih dari 20 Korwil di seluruh Indonesia, dan selalu mengirimkan tenaga rescue di setiap bencana. 


Sumber : Mina News



Posting Komentar

0 Komentar